13 Jul 2015

KE-PEKA-ANISASI DALAM RELATIONSHIP

Standard
Gue rasa cerita ini konyol banget. Dulu, waktu gue masih kecil sering diajak belanja oleh ibu ke pasar. Gue menikmati suasananya. Waktu itu gue masih anak sd yang ingusnya sering beler. Ketika tiba di tempat jajanan, ibu selalu menawari gue banyak makanan. Konyolnya, gue cuma berdiri di tempat dengan kepala tegak hanya memandang berharap ibu tahu apa yang gue pengenin. Karena ibu ga tahu dan mengira gue ga pengen apa-apa akhirnya tangan gue ditarik pergi. Gue ga mau dong, gue tetep bersikokoh diam di tempat tanpa kata. Masak iya ibu ga tau apa yang anaknya inginkan. Itu yang gue pikirin waktu kecil dulu.
Ibu ga PEKA!!! Dulu gue ga tau istilah itu. Yang gue tahu, gue merasa bener aja pokoknya berharap ibu tahu apa yang gue pengenin. Ga lebih dan ga kurang. Dengan melihat wajah dan pandangan aja seharusnya ibu tahu. Tapi ya sudahlah. Selalu aja berakhir dengan gue nangis-nangis guling-guling di pojokan karena sampe rumah gue ga dapet apa-apa. Udah pulang tangan kosong, dimarahin lagi karena gue ga ngomong sepatah katapun  waktu di pasar.
Itu ga sekali dua kali guys walopun ga tiap kali, tapi seringnya gitu. Ga assertive sebenernya. Jadi ngerasa kayak cewek yang selalu bilang ke cowoknya lo ga pernah peka! Titik!. Apalagi cewek jaman sekarang yang dimana-mana nuntut cowoknya untuk peka terhadap segala kode yang tersirat ataupun tersurat dari ujung rambut sampe ujung kaki. Memang mungkin fitrahnya seperti itu. Cewek dengan kelembutan dan segala sifat malunya terkadang hanya bisa mengirim beberapa sandi morse dan berharap cowoknya mengerti. Contohnya, sang cowok dengan sigap membelikan es krim yang sempat dilirik ceweknya pas lagi jalan-jalan padahal ceweknya ga bilang apa-apa tapi karena perhatian sang cowok akhirnya ceweknya bisa tersenyum bahagia. Ini kalo ceweknya beruntung dapet cowok yang siap mengawasi segala jenis kode binary yang rumitnya minta ampun itu. Tapi ada juga yang kayak gini:
“Mas, baik banget beliin gadget keluaran terbaru.”
“Iya dong, aku kan perhatian dan selalu tau apa yang kamu mau.” Terus cowoknya nyeritaiin semua kejadian kemarin berharap bisa buktiin caranya dia nyari tau apa yang dipengenin ceweknya.
“Oalah, bukan itu mas. Kemarin aku lagi pengen banget kue, makanya aku liatin terus. Soalnya ada rasa-rasa baru yang belum aku coba. Bukan ngeliatin toko hp yang ada di sampingnya -_-.”
Nah loh, tabungan abis buat ngebahagiain ceweknya ternyata ceweknya cuma pengen es krim doang. Salah baca kode. Kelar idup lo dah. Untung aja ceweknya baik ngembaliin lagi hadiahnya terus nyeramahin panjang lebar suruh hemat, menabung, sodaqoh dan lain sebagainya. Nah kalo hadiahnya diterima dan cuma seneng-seneng doang kelar idup lo sekali lagi dah.
Emang sih, dapet cowok atau cewek yang perhatian selalu tau apa yang diinginkan pasangannya itu romantis banget. kayak lagi nangis terus diusapin air matanya, lagi sedih dihibur, lagi makan disuapin. Tapi ga semua keadaan itu bisa dibaca kodenya. Ada saat-saat dimana kita harus bersikap assertive. Mengungkapkan isi hati atau keinginan kita secara gamblang tapi ga mengurangi nilai-nilai kesopanan. Terbuka ga ada acara jaim-jaiman ato malu-maluan. Semua itu bikin ribet dan cuma bikin kesel doang. Kayak pengalaman kecil gue yang selalu berharap ibu gue tau keinginan gue yang akhirnya selalu ga dapet apa-apa. Kan nyesek guys. Cuma jadi penyakit hati doang. So, komunikasikan dengan benar tanpa drama dan kode-kodean ya. hhe

2 comments:

  1. Hola kak! Salam kenal yah aku baru prtama mampir kesini nih:).. Anak BE jg ya? Kok aku gatau sih?._.hoho

    Aku juga dulu gaktau kata 'peka', baru tau pas lg jaman2nya aja.. Dulu aku jg suka gitu ke mama, suka kode2in minta beliin sesuatu, pulangnya gak dibeliin apa2, akhirnya nangis sendiri "Siapa suruh gak bilang tadi?" gitu katanya._. Aku kan males ngomongnya, jd kodein aja, tp sayang kode itu tak sampai.. Hiks:') Sampe skrg juga msh gtu sih.. Wkwk.. Tapi gatau deh mama jd peka apa enggak.

    Waduhh.. Itu bahaya amat salah ngartiin kode, orang maunya eskrim malah dibeliin gadget. Wakakakak. Masih mending itu keren sih, daripada cewenya mr.bean kodein mnta dibeliin cincin, malah dibeliin fotonya doang:') wkwk. Cewe emg gtu kak, demennya kode2an, soalnya suka males ngmong ato mnta soalnya, haha. Jd maap2 aja kalo kodenya kadang sulit dipecahkan dan lebih rumit dibanding mtk. Huahaa :Dv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Iya. Dulu awal2 aku aktif ikut promo di BE. trus kna pnyakit malas nulis dah. -_- ini lagi mulai bangkot lagi. Moga tetep bisa rajin nulis. Semngaaaat!!!!! :-D

      Delete