18 Mar 2015

PIKIRAN BUNTU

Standard
Rasanya kayak pengen boker tapi ga keluar-keluar. Bingung harus ngapain lagi. Padahal perut udah kayak mau meledak keberatan isi. Udah usaha sampe jungkir balik diatas jamban juga ga ada hasil. Akhirnya cuman bengong doang sambil nunggu kesempatan. Mending kalo pas bengong mikirin satu tambah satu sama dengan dua atau e=mc2. Itu kan keren agak kekinian bokernya. Nah, kalo yang kepikiran mantan? Niatnya pengen melupakan dan mengikhlaskan malah justeru jadi tempat perenungan yang top markotop. Keluar dari jamban boker gagal. Move on juga gagal. Malah ribet jadinya. Beda lagi kalo bokernya udah diujung tanduk dan ga punya masalah dengan perut. Artinya BAB lancar. Cuman nongkrong bentar di jamban udah kelar. 
Saat ini gue sedang mengalami permasalahan yang sama. Udah satu hari gue bolos posting tulisan di blog. Bukan karena mikirin gebetan, mikirin mantan, ato mikirin pacar. Gue ga punya semuanya dan gue happy. Pokoknya jomblo sampai sah walaupun kalimat itu cuman buat menghibur diri aja sebenarnya. Tapi okelah abaikan aja. 
Gue lagi stuck. Ga punya ide buat nulis disamping emang banyak kegiatan kampus dan organisasi yang cukup menguras pikiran dan tenaga. Tapi masalah ide emang ga main-main. Gue udah duduk lama di depan lepi tapi ga ada satu kalimat pun yang tertulis. Nulis satu kata “Jomblo” ga tau harus lanjut jadi kalimat apa. Blog Walking ke temen-temen tapi ga ada ide yang nempel. Pengen nulis dari tema yang disediakan oleh Tantangan Menulis tapi ga ada satupun yang jadi kalimat. Pengen ngomentari Haji Lulung, Ahok, ato Djah Yellow pun gue ga bisa. Gue nyerah. 
Masalah ide dan pengetahuan ternyata saling berkaitan. Gue bukan baru tau. Tapi baru merasakan stuck ketika menulis. Ada ide ga ada pengetahuan ternyata garing. Menulis tidak diiringin dengan membaca lama-lama stuck juga. Artinya ga ada pengetahuan yang bisa di bagi dalam tulisan. Setidaknya langkah awal menulis adalah perbanyak bacaan. Membaca berita, buku, blog, keadaan ato apapun itu akan sangat mendukung tulisan yang bakalan ditulis. Dan juga perbanyak kosa kata agar ide yang ditulis sesuai dengan kata yang tertulis. Membaca dan menulis adalah aktifitas yang saling berkaitan.
Gue emang akhir-akhir ini lagi jarang baca. Haji lulung aja gue baru tau kemarin. Djah Yellow gue udah tau lama sebenernya tapi gue ga ngefollow instagramnya takut di blokir gara-gara katanya kalo bilang bibirnya ga seksi bakalan di block sama si Yellow ya mending gue ga perlu ngefollow sekalian. Apa lagi ya? O ya. Ya akhirnya cuman tulisan kayak gini yang bisa gue tulis hanya sekedar transformasi curhat dari postingan galau-galau gue jadi curhatan ‘ga punya ide buat nulis’. Ya setidaknya ada move on yang baru lah dari pada blog gue galau mulu kan ya… hehehe…   
Buat pembaca-pembaca gue, teman-teman blogger, ato silent reader gue pernah ga kalian mengalami stuck ketika menulis? Nulis satu kata hapus lagi. Satu kalimat hapus lagi. Satu paragraf hapus lagi. Akhirnya ga jadi nulis karena pengen BAB. Keluar dari jamban lupa tadi lagi ngapain terus lanjut nonton tipi akhirnya ga ada satu tulisan pun yang jadi. Ah sudahlah kalian bagi pengalaman aja disini…   

22 comments:

  1. Ya udah kalo nggak ada ide nggak usah dipaksain, kalo dipaksa malah keluarnya dikit kek BAB. Bayangin mantan pas bab itu nggak disarankan soalnya yang keluar bukan kotoran tapi air mata :'(

    Dijah yellow aja udah ngeluarin novel, kamu kapan?

    ReplyDelete
  2. Hahaha kadang gue juga gitu bro itumah fenomena blogger :D
    Biasanya kalo lagi ga ada ide gue refeeshing, lo cobain deh pergi ke suatu tempat gitu yg kemungkinan bisa bikin dijadiin ide


    Gue baru denger tuh si dj dj yelow itu, itu siapa?

    ReplyDelete
  3. Kirain buntuk kenapa. Ternyata buntu nulis toh. Hahahaha. Emang udah berapa lama nulis, bro. Kok sampe buntuk gitu? Emang udah berapa banyak novel yang lubaca, sampe lu buntuk gitu.

    Nih, gue kasi tips, ya. Nulis itu sama seperti kita ngobrol. Kalo emang gak ada yang mau kita orbrolin. Apakah kita akan diam sampe akhir pertemuan. "Enggakkan"

    Nah, saat itulah, lu harus berusaha nyari ide ngomong. Meskipun "Kamu apa kabar" Dari kata sederhana itu, lu bisa menjelajah masa nanti, masa lalu dan kapanpun.

    Intinya gini, nulis itu harus nyaman. Jangan dipaksain, ya. Soalnya tulisan yang diapksain itu, banyak gak enak dibaca.

    Cara ide dari yang lu denger, lihat, dan temukan. Tempat-tempat keren. atau apalah. Yang penting, nulis harus nyaman. Jangan maksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bner juga tuh kyak ngomong. Makasih bnyak pangeran udah share tips2nya hehehe

      Delete
  4. selain dari membaca, ide juga bisa didapat dari kehidupan sehari-hari
    misalnya hari ini ketemu orang yang unik, atau nemu tempat belanja super murah...bisa tuh dijadiin bahan tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu dia. Harus jeli membaca keadaan dan membaca diskon2 ya mbak hahaha

      Delete
  5. Ternyata menulis bisa membuat pikiran juga bisa ya mas bro...

    ReplyDelete
  6. Jangankan elu, gue aja sering tuh pikiran gue tiba-tiba putus ditengah jalan, gatau deh akhirnya mau nulis apaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya klo udah gitu paling kalo gue tidur. Hehehe

      Delete
  7. Buntu nulis Ya?? sama saya juga sering kaya gitu. Paling kalo udah buntu banget bro buat dapet ide nulis satu2nya jalan adalah gw maen Game Dota 2 nanti klo dah gak butek lagi baru nulis.

    ReplyDelete
  8. sering tuh gue ngalamin kaya gitu,stuck gak ada ide sama sekali,tapi anehnya entah kenapa pas gue lagi boker terus nungguin kok gak keluar-keluar,eh malah yang keluarnya ide-ide buat nulis. ya gue sering banget nemu ide buat nulis ketika lagi boker. mungkin jamban (kamar mandi) udah jadi lubung inspirasi gue kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha parah,,,,
      mungkin bokernya ditambah baca koran ya?

      Delete
  9. ya kalau itu sih pernah ngalamin juga tapi kalau terus di renungkan pasti dapat ide juga :D

    ReplyDelete
  10. kalok gitu num diapet #eh apasih hahaha
    pernah banget dan sering, engga pede ama tulisan sendiri, bolak balik diedit, takutnya orang ga paham apa yang kutulis hahahha, terlalu banyak pikiran agaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cocok kembaran... hahahah
      kadang juga gitu bolak-balik hapus gara2 hati tak puas

      Delete
  11. jadi lega baca pistingan+komennya.....
    kirain gue doang... hampir kesurupan gue cari ide...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng juga bisa berbagi rasa disini...
      ya begitulah.

      Delete