23 Mar 2015

PENGEN NGUNYAH NOVEL ARAB

Standard
Gue cowok. Gue nangis. Tepatnya tadi siang pas gue dikampus. Rasanya hati gue kayak di peres. Gue bukan lagi galau mikirin gebetan, pacar, mantan ato makhluk-makhluk astral lainya. Gue ga punya. Gue juga bukan lagi sedih gara-gara boneka Hello Kitty gue dirampok. Gue ga punya benda-benda kayak gitu Mas Bro. Juga bukan karena gue gagal ngedapetin Keiko Kitagawa artis idola gue yang main di drama Jepang, Buzzer Beat. Sebenernya cuman asal comot sih. Nonton drama jepang aja baru satu. Itu pun cuma ikut-ikutan. Lagian ga tau artis jepang siapa lagi yang lagi ngetren. Kurang update. Soalnya hati gue lagi nyantol di Tv series yang di peranin Benedict Cumberbatch dan Tv series barat yang lainnya.
Oke. Pas gue jalan di area kampus gue lihat orang arab. Cowok. Lagi baca novel. Sendirian. Prasangka gue sih novel. Soalnya kalo buku kuliah ga mungkin.  Al-qur'an apa lagi. Imposible. Dari bentuknya aja udah beda. Terus pas lagi di café sambil minum capuchino hangat gue liat orang arab lagi baca novel di pojokan. Pas lagi kuliah juga pernah liat cewek arab bawa novel tebel banget. Pas di perpustakaan juga pernah liat. Akhir-akhir ini gue udah mulai sering ngeliat orang arab bawa novel pokoknya. Apa lagi pas di mata kuliah bahasa spanyol dosennya nyebut Andrea Hirata penulis dari Indonesia di depan orang-orang Arab, Turki, Malaysia, dls. Rasanya seneng banget satu orang dari indonesia di kenal di luar negeri.
Gue nangis karena gue ga pernah selesai baca novel berbahasa arab. Harry Potter, The Davinci Code, Sherlock, atau novel-novel asli arab pun gue ga pernah katam. Baru dua lembar pasti gue udah nyerah. Cuman sherlok doang yang pernah habis satu bab. Lagian baru satu paragraf gue harus bolak-balik buka kamus. Ngeselin. Gue pengen banget baca novel arab kayak gue baca novel indonesia. Rasanya pasti kayak habis seminggu ga boker trus tiba-tiba kebelet bab. Nongkrong di jamban. Lega. Tapi emang harus dipaksa dan dibiasain baca sih. Kosa kata juga paling cuman diulang-ulang doang disetiap lembar.
Kedua. Gue iri. Ini anak seumuran jagung. Baru SMP lagi. Anak Malaysia baca novel eragon-nya Christopher Paolini yang tebelnya minta ampun ternyata di lumat juga tuh novel. Berbahasa inggris lagi. Gila. Gue pengen juga kayak dia. Keren Bro! Baca novel arab, baca novel inggris, serenyah novel Indonesia. Kapan ya? 
Ketiga gue sedih karena setiap kali gue bikin novel pasti cuman mentok di outline doang. Ga maju-maju. Pernah selesai dua bab. Tapi stuck juga akhirnya. Takut bab-bab selanjutnya jelek. Hahaha. Juga ga ada ide lagi. Kurang bahan. Emang bener menulis sama membaca itu saling berkaitan guys. Lo pengen masak tapi ga ada bahan ya masakannya ga jadi. Pengen nulis ga ada pengetahuan ya sama aja. Pengetahuan didapat dari membaca. Baik itu keadaan ato tulisan. Bukankah begitu?  
Keempat sebenernya ga nangis. Cuman sedih aja jadinya. Masak iya nangis betulan di pojokan. Ya ga lah ya… hahahaha.


22 comments:

  1. bakar novelnya, abunya campur air terus minum dijamin novelnya masuk semua!! biar ada rasa ditambah gula juga bisa. selamat mencoba cara jadul.
    eh kalau novel bahasa arab, tulisannya arab juga gitu? gak pake huruf kaya gini?

    ReplyDelete
  2. Novel arab rasanya kayak apa sih, kayak kurma gitu ya?

    Baca novel yang tebelnya lebih tebel dari Quran itu males banget bacanya. Pernah gitu baca buku arab tulisannya pakek huruf arab tanpa harokat. Bingung deh apa yg mau dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe kemampuan berbahasa perlu klo mau baca novel berbahasa asing. Klo ga pasti bingung.

      Delete
  3. Wah-wah. Lu pengen ngunyah novel arab, emangnya itu buah kurma. -_-

    Selain tulisannya sepanjang jalan kenangan. *HALAH* Itu jelas membuat kita sendiri malah kebingungan. Selain harus menerjemahkan dulu, apalagi harus memahami makna. Karena, sering banget bahasa arab, beda tulisan beda maksd. -__

    Sampe saat ini, gue belum berminat untuk melakukan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus menguasai bahasa yg bersangkutan bener2. Harus sampe ngomong aja ga mikir dulu. Bner2 keluar dari pikiran dan hati secara langsung baru kalo baca novel berbahasa asing nikmat hahaha

      Delete
  4. lo kuliah dimane Mat? gue penasaran nih.. ada orang arab, ada anak smp baca novel inggris. gue rasa lu bukan di indonesia yah?

    gue jarang baca novel tebel apalagi serius, paling percy jackson doang. itupun karena tugas hahaha
    apalagi bahasa arab.. sekalian gue belajar ngaji kalo gitu mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gw emang ga di indo. Disini cari novel indo sesuatu yg mustahil. Adanya cuma novel berbahasa arab dan novel berbahasa inggris.

      Delete
  5. Kunyah aja kunyah, kayaknya pusing banget ya baca novel yang bahasanya aja kita ngertinya cuma sedikit. Harus ada kamus yang mendampingi kita biar bisa ngebacanya.

    Novel indo aja kadang selesai 4 hari, apalagi novel arab, mungkin bakal selesai baca 4 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bisa jadi 4 bulan. Selembarnya aja mungkin sehari. :-D

      Delete
  6. kunyah aja novelnya sampe habis tak tersisa :D barangkali aja setelah lo makan novel berbahasa arab lo jadi faesh bahasa arab sekaligus bisa buat banyak novel.

    kenapa gk beli novel berbahasa indonesia aja,biar gk ribet bacanya dan haru cari tau arti katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah...
      Ga ada toko buku berbahasa indonesia disini adanya toko buku berbahasa arab and berbahasa inggris hhe. Harus pesen sama orang dulu yg mau ke jordan.

      Delete
  7. btw, novel arabnya tulisan arab gundul apa gimana? penasaran gueh nih. lo kuliah dimana, kayanya enak banget ketemu makhluk astral...eh maksud gue orang bule gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arab gundul. Pertama gue pngen baca novel terjemahan kyak Harry Potter yg edisi indonya pas di indonesia pernah baca tapi ya tetep aja pusing baca novel edisi arabnya hahaha
      Di Jordan Mas Fadhil.

      Delete
  8. Menurut gue, mas Ade harus memperdalam dulu kosa kata bahasa Arab. Habis itu novel bahasa arab akan terasa renyah.. hehe

    ReplyDelete
  9. duhhhh bahasa arab, susah pasti ya..
    klo novel, uda lama banget aku ga nyentuh...kagak sempet bacanya, tapi hobi banget belinyah

    ReplyDelete
  10. Hahaha.... di jamin langsung pintar bahasa sekaligus bisa bikin novel kalau udah habis ngunyah itu novel.

    ReplyDelete
  11. haduh novel arab ya? hemz kira-kira kapan ya bisa baca novel arab sampai katam,hehe secara bahasanya itu lho :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah kalo belum menguasai. sebenernya masalah kosa kata aj sih... diksinya itu lo... hahhaha

      Delete