2 Mar 2015

Ma-JONES DI LUAR NEGERI

Standard
Adakah mahasiswa yang lagi baca tulisan ini? Kalo ga ada ya ga papa. Simak ceritanya aja ya. Jadi mahasiswa itu emang sedep-sedep manis. Tapi kalo buat yang jomblo ya sedep-sedep pedes. Apalagi yang namanya jomblo ngenes. Udah berkorban harta diri dan waktu untuk mejeng, nongkrong, tidur, makan di depan kampus aja masih tetep ngenes. Nah, buat lo yang Ma-JONES, Mahasiswa Jomblo Ngenes lebih baik lo terapi hati dengan tulisan gue yang judulnya ‘Agar jomblo laku di pasaran’. Tapi emang jadi mahasiswa itu asyik banget Mas Bro and Mbak Sis contohnya kayak kuliah ga perlu pake seragam. Bawa catatan cuma selembar. Pena beli dulu di potokopi deket kampus. Bangun kesiangan nongkrong aja sambil cuci mata. Besoknya masuk ditendang dosen karena banyak bolos. Pulang kerumah di marahin ortu karena di DO ga lulus-lulus. Masuk kamar kunci pintu ngupil di pojokan sambil meratapi nasib jomblo yang ga lulus. Waduh malah jadi sengsara gini ya?
By the way masa-masa mahasiswa itu emang asyik. Ga percaya coba aja tanya sama tukang parkir deket rumah lo yang dulu pernah jadi mahasiswa pasti dia jawab pertanyaan lo. Apalagi buat mahasiswa luar negeri yang hidup di luar. Yang berangkatnya aja jual sawah kayak cerita di AAC. Untung orangnya sadar diri mau belajar makanya dapet istri cantik. Tapi kalo cuman kerjaanya nongkrong sambil ngebagiin manisnya upil bareng temen-temen di cafe? Nah itu beda lagi ceritanya.
Secara gue kan kuliah di luar negeri. Apalagi sebagai orang indonesia yg mengaku berbahasa satu bahasa indonesia. Gue praktekin ke orang arab ternyata ga ada yang paham. Tapi pas gue coba sapa satu cewek dari belakang, gue kaget dia bisa bahasa indonesia! Setelah dia nengok kebelakang ternyata TKW. Ya sudahlah. Itu mah orang indonesia. Setelah gue searching di google ternyata bahasa yang dipakai di Yordania, bahasa arab. Ya sudahlah selamat tinggal untuk sementara bahasa indonesia. Nanti kita akan bersua kembali di negeri tercinta negeri ibu pertiwi.
Jadi mahasiswa asing itu ternyata susah-susah memalukan. Yang pertama emang harus jago bahasa setempat. Jangan sampai kayak temen gue ini. Sorry ya kalo lo baca tulisan ini besok traktir gue lo. Gue udah capek-capek bikin ini buat lo doang. Ceritanya kan dia mahasiswa baru jurusan islamic finance. Masuk kuliah pertama. Karena yang di masuki itu bukan makulnya tapi makul temennya secara pengen dengerin dosen aja. E tau-tau ditanya sama dosen anak baru ya? Dia jawab:
Iya Pak. Saya tamu di kelas ini kenalkan nama saya Majones biasa di panggil Jones tapi kalo bapak mau manggil Jomblo juga ga papa kok Pak. Saya terima apa adanya.
Oke terserah kamu. Kamu tadi ga izin dulu ke bapak di kelas ini?
Dia bilang ga mau Pak. Ya satu kelas ketawalah mas Bro. Masak bilangnya ga mau. Jujur banget sama dosennya. Untung dosennya ganteng dan baik hati. Kalo dia paham juga artinya jomblo ngenes pasti udah di buang ke tempat rehabilitasi lo. Banyak-banyak bersyukur ya mas bro. Gue berprasangka baik lo lagi khilaf lupa pelajaran bahasa dulu waktu di indo.
Tapi selama gue jadi mahasiswa di sini. Gue bangga. Walaupun gue jomblo juga. Kenapa? Karena gue Indonesia Mas Bro and Mbak Sis. Ceritanya gue lagi masuk kelas bahasa spanyol di hari itu juga sama kayak si Mas Majones. Wuih spanyol men. Barcelona menang juara champion musim ini and Madrid ga dapet piala. Moga aja hhe. Yang madrid jangan marah ya. Nah kali ini gue bisa unjuk gigi didepan orang-orang arab itu pas dosennya bilang Andrea Hirata. What? Andrea? Siapa itu? Jomblo juga ya? Ya elah masa ga tau dia itu penulis laskar pelangi! Tapi sayang di sayang dosennya nanyanya ke anak malaysia. Kebetulan anak malaysianya bukan novelis jadi cuman bengong doang. Dalam hati gue, arab aja tau masak dia tetangga gue ga tau. Tapi okelah ga papa. Secara, karena gue cinta tanah air langsung angkat tangan dan bilang, iya dia dari indonesia. Dosennya langsung senyum sambil bilang dalam hati untung aja tebakan gue bener kalo ga, bisa turun kredibilitas gue sebagai dosen berpengetahuan luas. Hahaha ga, ga. Pointnya disini ternyata sastrawan indonesia pun di kenal luas di dunia. (Ya iyalah masak lo ga baca bukunya di terjemahin ke banyak bahasa? Eh iya ding lupa. Ya wajar aja ya dosennya tau Andrea orang indonesia) Itu baru sastrawan belum yang lain yang perlu kita banggakan dan kita support termasuk produk-produk indonesia. Iya kan Mas Bro and Mbak Sis? Jangan lupa ya. Cintailah produk indonesia termasuk disitu jomblo-jomblo indonesia. Sekian, salam dari gue.



10 comments:

  1. Hidup Indonesia... Hidup Jommblo.... saya sudah beristri ding. hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambah lagi Mas. Nambah lagi.. Masih kurang tiga kayaknya tuh hahahaha

      Delete
    2. Cukup satu saja dulu, mas. Yang lain buat mas Ade aja. :p

      Delete
    3. Jadi terharu mas. Doain cepet dapet jodoh ya mas hehehe

      Delete
  2. Waa kuliah di Yordania to, pantes stastitik nunjukin ada yg dari yordania. kupikir orang arab ada yg bisa baca tulisan absurdku. Ceritain dong cara kakak bisa terdampar dan kuliah disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu bisa jadi juga...
      Oke. Siap ditampung requestnya hhe

      Delete
  3. Hahaha keren nih bloog
    Semangat semua umat jomblo indonesia di semua belahan dunia

    ReplyDelete
  4. Hahaha...ngena bgt, org penulisnya jga jomblo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha apa kabar mukhlis? Gimana yaman? Kyak gitu juga ga? banyak yg jomblo?
      Makasih bnget udah berkunjung n ninggalin jejak komen. Sering2 aja ya klis hahahah

      Delete