31 Mar 2015

KEGILAAN SEORANG MAHASISWA ASING

Standard
Jadi mahasiswa itu berarti belajar menjadi gila. Naik satu step jika ketemu dosen killer. Berharap yang namanya guru killer itu habis masanya diwaktu SMA ternyata ekspektasi ga sesuai dengan harapan. Di kampus? Alamak, ketemu lagi istilah itu. Emang ga disetiap mata kuliah yang diambil sih tapi paling ga setiap semester ada aja dosen killer. Pernah disatu semester gue diskak mat sama itu dosen. Ga tanggung-tanggung guys! Gue di DO satu mata kuliah gara-gara sering bolos. Koplak banget kan? Jadi pas ujian akhir semester gue datang telat dikit. Cuma dikit. 10 menit. 
“Siapa nama kamu?”
“Ade Pak.”
“Bukannya kamu sering bolos ya?”
Deg! Jawab apa gue ya? Hhe, gue cuma nyengir aja di skak kayak gitu. Di belakang gue orang-orang pada ketawa. Gue? Malu abis bo... Yang ketawa 90% cewek-cewek cakep semua. Hidung mancung, mata biru, hijau, coklat, hitam, sipit semua ada jadi satu, tinggi-tinggi, putih-putih lagi. Mati dah gue berdiri disitu. Apa lagi setelah itu dosennya cuma mengisyaratkan yang intinya gue ga boleh ikut ujian dan harus ambil mata kuliah ini semester depan. Gue lemes. Ya sudahlah. Tega banget nih dosen dan tega banget sih gue banyak ngebolos. Oke, abaikan. Sebenernya bukan tanpa alesan sih gue bolos. Akhirnya dengan keputusan bulat karena gue ga pinter membagi waktu, akhirnya gue keluar dari organisasi mahasiswa. Gue pengen fokus kuliah. Titik. Sorry ya kawan-kawan karena kelemahan gue hehehe.
Naik dua step jika dalam semester yang bersamaan seluruh dosen bersekongkol ngebuat tugas kuliah bejibun bikin ubun-ubun naik turun ga karuan. Ujung-ujungnya buat ngilangin stress gue tiruin gaya maju mundur cantik ala syahrini di depan dosennya biar dosennya luluh kalo gue ga sanggup kerjain tugasnya. Ya kali kalo gue berani. Kalo iya pun gue bakalan disangka gila temennya alayer. Setidaknya sebagai mahasiswa yang baik dan rajin gue harus ngebikin tugasnya. Namanya juga mahasiswa. Banyak tugas juga wajar sih. Tapi banyak bro! Harus sabar dan harus pinter-pinter menyalurkan kegilaan kalo lagi kumat. 
Nah, naik tiga step jadi gila betulan. Waktu itu ujian Bahasa inggris. Biasa aja sih sebenernya. Gue kan jago tuh Bahasa inggris. Biasanya gue nyuruh temen gue buat nerjemahin kalimat gue kalo pas ngomong sama bule. Gue lancar banget tuh ngomong seenaknya. Gue ngerasa jago ngomong kalo ada temen gue yang nerjemahin ke bahasa inggris. Hahaha. Oke, ngaco. 
Jadi ceritanya sehari sebelum ujian dimulai gue lupa tanya tempat ujiannya dimana dan jam berapa. Sampe rumah gue gigit jari. Belajar juga ga nyaman. Akhirnya gue terpaksa bangun pagi-pagi dan standby di kampus liat-liat jadwal ujian hari itu. Gue pantengin tuh nama dosen-dosennya. Alamak! Astaghfirulloh hal’azim!! Gue ga tau nama dosennya!!! Temen-temen sekelas gue juga ga ada yang gue kenal. Ga punya kontaknya. Siapa yang bakalan gue hubungi Guys! Koplak. Ada ya mahasiswa kayak gitu. Kalo kalian nemu di kampus kalian, berarti itu temen gue hahaha. Untung aja karena gue usaha kesana kemari. Blingsatan dimana-mana akhirnya gue nemu dosen gue lagi berdiri di dalem ruang ujian di waktu yang bersamaan. 
“Ade ya?”
“Iya Bu.”
“Oke langsung masuk aja ke ruang G ya…”
Telat sepuluh menit. Tapi dosennya baik. Ya kan di makul ini gue dikenal baik jadi telat masih bisa dimaklumi hahaha. Jadi intinya buat para mahasiswa Indonesia yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik jangan sampai jadi gila ya gara-gara jadi mahasiswa. Harus bisa mengoptimalkan waktu. Usahakan tepat waktu baik kuliah atau pas ujian. Ada tugas dikerjakan. Kalo udah skripsi jangan ditunda-tunda. Cepet lulus, cepet kerja, dan cepet nikah. Gue aja tobat ga lagi dah kayak gitu. Kesibukan diluar kampus jangan sampai mengalahkan kewajiban sebagai mahasiswa. Itu prinsipnya ya Mas Bro and Mbak Sist. Hhe

55 comments:

  1. Kenapa jadi kesombongan gini, kalo pande bahasa inggris. -_-

    Yahh, meskipun pada awalnya lu ngebahas gilanya jadi mahasiswa. Gue masih senenglah. Soalnya ada pesan yang tersurat di tulisan ini.

    Emang, kalo jadi mahasiswa harus pandai bagi waktu dan mengaturnya sebaik mungkin. Jangan kalah dengan keadaan.

    Semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lagi ngaco pangeran...
      Maksudnya gue bhasa indo temen gue nerjemahin ke bahasa inggris hehehe jadi gue lancar aja ngomong indonya... :-D

      Delete
  2. Aku dulu jadi mahasiswa kayak nya ngak ribet2 amat. Santai cuek ngak ngurusin ini itu masuk jarang dan sukses lulus 5 th lebih hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aduh jngan deh mas...
      Aku pengennya 4 tahun aja hahaha.

      Delete
  3. gengsinya kebanyak mahasiswa adalah harus ikutan banyak oragnisasi biar keliatan SAH jadi "Mahasiswa" hehe, jadi ujung-ujungnya ngorbanin tujuan utama: kuliah :D
    terus di labelin "Mahasiswa Abadi" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak dhyna nih kalimat terakhir mengerikan sekali. Jangan deh jadi mahasiswa abadi. Memalukan anak tujuh turunan hahaha

      Delete
  4. Salam kenal. Gue baru pertama kali nyasar disini. Ternyata keren juga yaa :)) hehe....

    Btw, tahun ini gue mau kuliah. Dan apakah kuliah segitunya yaa? Err lebih horror kayaknya dari foto mantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas wahyu...
      Sbnernya ga ngeri sih... Cuman waktu aja yg kadang menyesatkan para mahasiswa hehehe. Soalnya waktu kuliah selama seminggu itu bisa dihitung dengan jari. Dan terutama bebas. Ya harus hati2 jngan sampai terpeleset jarang masuk.
      Foto mantan ga punya hehehe
      Foto mantan gebetan itu baru ngeri hahaha

      Delete
  5. Pertama kalinya mampir dan langsung jatuh cinta sama gaya penulisannya. Apalagi sama penulisnya. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah yahyay... Udah berangkat sekolah belum? Tuh bu guru nungguin di kelas hhe

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok komen 2 kali? Ya udah ikutan bales komen lagi ah...

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow ada tiga... Owh ternyata udah diapus ya... Ya gpp masih ada jejaknya heehehe

      Delete
  8. Jadi karena sibuk ikut organisasi sampek di do ? Kejam banget ya dosen disana.. seandainya cara maju mundur cantik diterapkan paling gak di do satu semester, paling cuma dua semester hehe..

    Ya elah bang tak pikir jago inggris beneran, ternyata cuma "merasa" jago kalo ada temennya. Semangat ya kuliahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi sebenernya gara2 galau juga hahahaha. Ga... Ga... Mentang2 2 hari yg lalu malam minggu jadi kepikirannya galau mulu nih gue. Hhe

      Klo bhasa inggris pas-pasan lah... Sekdar bisa hhe

      Delete
  9. kayaknya ribet banget ya jadi mahasisawa....
    bro nama lo gue cantumin di liebster award ya, maap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ga ribet sih.... Cuman godaan bnyak.
      Wah asiiiik dapet lagi. Hhhe gpp mas. Malash seneng hhe

      Delete
  10. Aku lulus setelah kuliah 5.5 taun.. Huahahahaaaa.. :D Bikin skripsi aja hampir 2 tahun. Hihable banget lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahahahaha... lama juga ya mbak...
      emang bikin skripsi lama ya... untung aku s1 ga ada skripsi mbak hehehe

      Delete
    2. Hah? Kok bisa S1 ngga ada skripsi? Emang jurusan apa? ._.

      Delete
    3. Iya... S1 dsini ga ada skripsi. S2 baru ada. Islamic law

      Delete
  11. Astaghfirullah, itu kuliah niat apa engga, ya? Hahah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha niat mbak. tapi lagi kesandung keadaan aja. untung udah tobat sebelum parah hehehe

      Delete
  12. Ya ampun itu ngejleb ih kok bisa segitunya ya dosen killer itu? Bener sih yang kamu bilang kalo dalam satu semester, pasti ada aja minimal 1 dosen killer. Bagian kesiswaan seakan udah tau kalo mahasiswa harus dikasih pelajaran dengan dikasihnya dosen bertitel "killer" itu. Tapi kalo ceritanya kayak kamu gitu kok ngenes banget? Mana di negeri orang pula ya... malu:( emang gak bisa bagi waktu kah sampe harus sering bolos demi organisasi?

    Sebenernya kalo punya temen yang bisa ngedukung belajar, tapi tetep asik buat main, itu bikin kita nikmatin jadi mahasiswa loh. Semoga punya temen-temen yang baik ya! Semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ngenes banget ya mbak. sayang banget sebenernya sama uang yang udah di bayar buat makukl itu. tapi ya sudahlah... emang susah. super sibuk. dan akhirnya dua-duanya baik organisasi dan belajar udah ga semangat lagi. bikin kacau semua...

      sama-sama mbak tetep semangat diambil hikmahnya aja.... sbenernya dalam manajemen waktu perlu banyak belajar juga sama orang2 yang memang ahli dalam bidangnya. jadi tetep belajar dari pengalaman. hhe

      Delete
  13. gue nyengir aja ya mass..... heee.
    berantakan lahir batin tu pastinya..

    ReplyDelete
  14. selamat jadi mahasiswa yang baik yaa...jangan sampai jadi mahasiswa abadi...hehe

    ReplyDelete
  15. Step yang ketiga kaya klimaks banget ya bang,kok satu kelas gak ada yang kenal sih bang ? untungnya ketemu sama dosenya,jadi bisa tahu tempat ujiannya,dan untungnya juga Bu dosennya baik bang,kaya kaya dosen killer yang tadi. gue ngebayangin gimana rasanya ketika lo di skak mat sama si dosen killer. pasti rasanya campur aduk ya bang antara kesel sama sedih juga.

    semoga aja kedepannya gak-gak lagi ya bang di skak mat sama dosen hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aneh ya hehehe... Mpe nama dosen ga tau. Sbenernya tau. Tapi lupa. Temen2 juga tau tapi lupa juga. Hehehe soalnya interaksi sama mereka jarang kecuali dalam mata kuliah-matakuliah tertentu.

      Delete
  16. Bentar, ini kok parah banget sampe nggak tahu nama dosen dan nama temen-temen di kelasnya. Lo kalo kuliah ke mana aja, bro sampe nggak tahu gitu. Sumpah, parah!! Hahahahaha...

    Namanya anak muda pasti gitu, pengin hal baru yang menantang, nggak cuma ikutan organisasi. Mungkin bolos juga ekstrim. Hahahahahha. Piss.

    Semoga kuliahnya lancar, bro! Cepet lulus dan cepet nikah. Amin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya lagian orang asing gue sendiri. Klo sama orang pribumi rasanya masih ada batas yg entah apa itu kenalan sama mereka ga nyaman. Berharap ada orang malaysia, turki, singapur tapi mereka di kelas sebelah yg jadwal ujiannya beda hehehe

      Delete
  17. Jadi pesannya adalah cepet lulus, cepet kerja dan cepet nikah?
    Oke, gue lulus udah, dapet kerja sebelum lulus.. terus nikahnya gimana kalo jodoh belum ada? #kodebuatceweceweyangbacainiartinyaguejomblo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo yang jomblo yg jomblo yg jomblo heheheh barangkalo jodoh :-D

      Delete
  18. biasanya yang asing malah yang rajin kuliah n nyimak bener2 ya

    ReplyDelete
  19. Mangkanya, sampeyan pindah haluan aja ke Mu'tah University. Ngahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha fadhli sampean aja mau pindah ke wise :-D

      Delete
  20. Hahaha..... mahasiswa lagi curhat. Hati-hati bro, ntar gila benaran. Hiihihihi....

    ReplyDelete
  21. yang bener udah serius kuliah,,,,,,???
    bukannya menggundurkan diri dari organisasi malah jadi pengurus lagi,,,,,
    ya wajarlah klo dukturnya killer, orang mahasiswanya gak nia ambil maddah sama beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aulia sotoyyyyyyy.....! Hahahah
      Aku resign dari pendidikan :-D

      Delete
    2. hahaha,,,,,
      klo serius ambil maddah sm duktur itu ya pasti gak sebanyak itu bolosx sampe' dukturx marah

      na tunggu penggantinya....

      Delete
  22. gue serius udah tadi bacanya tentang jago bahasa inggrisnya ternyata ngaco haha. emnga kocak ga bisa di tawar lagi.

    salam kenal mahasiswa !

    ReplyDelete
  23. hihi... iya bener harus pandai bagi2 waktu... gunakan masa muda dgn optimal biar nanti ga nyesel sudah banyak buang waktu ...^_^

    ReplyDelete
  24. Harus lebih konsisten dan bisa membedakan mana yang prioritas utama. emang sih kebanyakan mahasiswa rada galau kalo ngurusin organisasi. tpi kalopun mau mengurus organisasi dan kuliah, manajemen waktunya harus dibenahi hehehehe jangan sampe mentingin kuliah dan organisasi tapi ga ada waktu buat mandi wkwkkwk

    ReplyDelete
  25. salah sendiri sih suka bolos,hehe ikuan organiasasi boleh-boleh aja ya tapi jangan samapai kuliahnya terabaikan.:)

    ReplyDelete
  26. Intinya itu loh, harus bisa ngebagi waktu emang bener banget :)

    ReplyDelete
  27. Kayaknya emang gak ada manusia yang gak pernah bolos deh, aku juga suka bolos hehe. Apalagi sama matkul nyebelin yang gurunya killer.

    Ohya, salam kenal kunjungan perdana nih. :)

    ReplyDelete
  28. kayaknya jadi anak kampus nggak seenak ekspetasi di filmfilm, enakan jadi anak sma walaupun tugasnya kadang seabrek haha

    ReplyDelete